Home > Wawasan keislaman > Adab dan Etika Berbicara dalam Islam

Adab dan Etika Berbicara dalam Islam

Imtaq.com – Subhanallah, tiada hikmah dan syariat yang paling lengkap selain Islam. Islam bukan hanya ritual ibadah yang senantiasa dilaksanakan di masjid, bukan pula hanya berpuasa, membayar zakat dan berhaji ke tanah suci. Islam adalah tuntunan hidup. Setiap inci dari kehidupan kita telah ditata dan diarahkan menuju kebaikan dunia dan akhirat. Karena itulah kita menemukan adab dan etika berbicara dalam Islam. Artikel ini akan memaparkan inilah tuntunan Islam dalam Berbicara.

Sebagai seorang muslim, hendaklah kita senantiasa menjaga lidah kita sebagaimana hadits yang diriwayatkan Imam Ahmad rahimahullah sesungguhnya Rasulullah saw bersabda:

إِنَّ الرَّجلَ لَيَتَكَلَّمُ بِالْكَلِمَةِ يَضْحَكُ بِهَا جلَسَاءُهُ يَهْوِي بِهَا مِنْ أَبْعَدَ مِنَ الثُّرَيَّا

Aritnya: “Ada kalanya seseorang berbicara dengan suatu kata di mana orang disekelilingnya tertawa dengan ucapannya, namun dengan kata tersebut dia terpelanting ke tempat yang lebih jauh dari bintang tsuroyya”.( HR. Ahmad dalam kitab Al Musnad no:8967)

Adab dan etika berbicara dalam Islam

Menjaga lidah bukanlah perkara mudah. Lidah memang daging tak bertulang, namun apa yang keluar darinya tak akan bisa diambil atau dikembalikan lagi. Baik itu perkataan baik ataupun buruk bila telah terlontarkan dari lidah, tak akan ada yang dapat mengambilnya kembali. Syariat Islam sangat memperhatikan hal ini karena itulah ada adab dan etika berbicara dalam Islam, diantaranya:

  • Berbicaralah dengan hal yang baik atau diam. Hal ini sebagaimana hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah radhiallahu anhu beliau berkata: Rasulullah saw bersabda:

  مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَاْليَوْمِ اْلآخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْرًا أَوْلِيَصْمُت

Artinya: “Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari Akhir maka berbicaralah dengan baik atau diam”.( HR Bukhari no:6018)

Hadits ini secara tegas memperingatkan kepada para ummat muslim agar berbicara dengan hal-hal yang baik saja dan sejauh mungkin meninggalkan perkataan buruk dengan cara diam. Bila berbicara adalah perak, maka diam itu emas.

  • Berkata baik merupakan salah satu pintu dari pintu-pintu shodaqoh. Ada sebuah hadits yang berkaitan dengan hal ini, menerangkan bahwa berkata baik adalah termasuk sedekah yang paling mudah. Diriwayatkan Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah saw bersabda:

كُلُّ سُلاَمَى مِنَ النَّاسِ صَدَقَةٌ,كُلَّ يَوْمٍ تَطْلُعُ فِيْهِ الشَّمْسُ:يَعْدِلُ بَيْنَ اثْنَيْنِ صََدَقَةٌ,وَيُعِيْنُ الرَّجُلَ عَلىَ دَابَّتِهِ فَيَحْمِلُ عَلَيْهَا أَوْيَرْفَعُ مَتَاعَهُ صَدَقَةٌ وَاْلكَلِمَةُ الطَّيِّبَةُ صَدَقَةٌ …

Artinya: “Setiap persendian tubuh manusia (membutuhkan) sodaqoh setiap hari tatkala terbit matahari, berbuat adil di antara dua orang adalah sodaqoh, menolong orang menunggangi hewan tunggangannya juga mengangkat barang bawaannya adalah sodaqoh dan berbicara dengan kalimat yang baik adalah sodaqoh”.( HR Bukhari no:2989 Muslim no:1009)

  • Mendorong diri sedikit berbicara, sebab banyaknya berbicara akan menyebabkan seseorang terjerumus  kedalam perbuatan dosa, hal ini sebagaimana sabda Rasulullah saw:

وَإِنَّ أَبْغَضَكُمْ إِلَّي وَأَبْعَدَكُمْ مِنِّي مِجْلِسًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ الثَّرْثَارُوْنَ

Artinya: “Dan sesungguhnya orang yang paling aku dibenci dari kalian dan paling jauh dariku di hari kiamat adalah orang yang banyak bicara”.( HR.At Tirmidzi  no: 2018 dari hadits Jabir r.a dengan memakai lafadz dari beliau)

  • Menjauhi perbuatan ghibah, sebagaimana firman Allah Swt.    وَلاَيَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا  “Janganlah sebagian  kalian menggunjing terhadap sebagian yang lain”.( QS. Al Hujurat:12)

Demikianlah sekelumit pembahasan tentang adab dan etika berbicara dalam Islam. Semoga kita dapat mengambil pelajaran dan menjadikan setiap perkataan bermakna dan bermanfaat baik bagi diri sendiri dan oranglain.

Adab dan Etika Berbicara dalam Islam

5302
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image