Home > Perbandingan Agama > Apa itu Talmud?

Apa itu Talmud?

Pengertian Kitab Talmud

Talmud merupakan Kitab Undang-undang bagi bangsa Yahudi. Buku ini terdiri dari banyak jilid dan amat mahal harganya. Satu set lengkap dari buku ini berharga mulai dari yang paling murah US $ 1.200.- sampai US $ 5.000.- setiap setnya, dan tergantung dari edisi penerbitannya. Para Rabbi Yahudi menghabiskan seluruh waktu hidupnya untuk memperdalam mempelajari Talmud ini.

Sejarah Talmud berawal dari kegelisahan seorang Hakham pada tahun 150 sesudah al-Masih bernama Judas yang khawatir akan kehilangan pelajaran-pelajaran lisan dan riwayat yang berpindah-pindah dan hilang begitu saja, sehingga ia kemudian mengumpulkannya dalam sebuah kitab yang dinamakan Al-Misyna ( Midrasah). Misyna adalah syari’at yang diulang-ulang, karna Al-Misyna itu sebenarnya merupakan ulangan dari apa yang telah disebut dalam Taurat Musa, dan ia merupakan penerangan, dan penafsiran yang lengkap terhadap syari’at itu.

Pada tahun berikutnya Hakham-Hakham palestina dan Babylon banyak memasukkan tambahan-tambahan pada apa yang telah ditulis oleh Judas. Dan pada tahun 216 M. Pendeta agama yang bernama Yahuza juga menuliskan semua tambahan-tambahan ini serta riwayat dari mulut ke mulut itu. Dengan demikian, maka kitab Misyna itu telah mengumpulkan semua yang telah ditulis dari zaman Judas ke zaman Yahuza. Kemudian sebagaian pembaca ada yang merasa kesulitan untuk memahami Misyna, maka untuk mempermudahnya para Ulama Yahudi menuliskan keterangan-keterangan dan catatan kaki yang keduanya dinamakan “Jimara”.

Dari Misyna dan Jimara ini lalu dibuat sebuah buku yang dinamakan Talmud. Talmud mengandung ajaran agama Yahudi dan tata tertibnya. Adapun Misyna yang yang mengandung tambahan-tambahan dari Hakham-Hakham Palestina beserta keterangan-keterangannya dinamakan “Talmud Jerussalem” sedangkan Misyna beserta tambahan-tambahanya yang dimasukkan oleh Hakham-hakham Babylon dinamakan ” Tamud Babylon”, yang yang tersebar luas dikalangan kaum Yahudi secara mutlak.

Kebanyan kaum Yahudi Mempunyai anggapan bahwa Talmud merupakan kitab yang turun dari langit dan mereka meletakkanya setingkat dengan Taurat.

Mereka berpendapat bahwa Allah menurunkan Taurat kepada Musa di Tursina (Sinai) secara tertulis sedangakan Talmud diberikan kepadanya secara lisan. Bahkan sebagian dari kaum Yahudi ada yang tidak puas dengan kedudukan yang diberikan kepada Talmud sehingga mereka menganggap bahwa riwayat dari lisan kelisan ini lebih tinggi dari Taurat. Dan ada juga yang mengatakan bahwa seseorang tidak akan selamat jika ia meninggalkan Talmud dan mengutamakan Taurat, sebab menurut mereka, kata-kata ulama dalam Talmud itu lebih utama dari apa yang tersurat dalam syari’at Musa. Dan barang siapa yang membaca Taurat tanpa Misyna dan Jimara, dia tidak mempunyai Tuhan. bagi kaum Yahudi yang Melanggar Talmud akan dihukum mati.

Apa itu Talmud?

5224
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

%d bloggers like this: