Home > Hikmah, Wawasan keislaman > Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menjalankan Puasa Ramadhan

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menjalankan Puasa Ramadhan

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam

Menjalankan Puasa Ramadhan

 


Puasa Ramadhan
merupakan ibadah yang mulia dan merupakan kewajiban bagi seorang muslim untuk melaksanakanya kecuali siapa saja yang berhalangan. Puasa yang diadakan pada bulan Ramadhan ini memiliki nilai lebih tersendiri daripada ibadah rutinitas lainya. Pasalnya, Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan maghfirah. Pada bulan inilah sudah seharusnya kita memperbanyak ibadah dan meminta ampun kepada Allah atas segala dosa-dosa yang telah kita lakukan, baik sengaja maupun tidak sengaja.

 

rambu-rambu puasa ramadhan


Sangat disayangkan bila puasa bulan Ramadhan dilaksanakan tidak maksimal. Maka, kami akan memberikan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan puasa Ramadhan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Mengenal hukum-hukum puasa

Sebelum memasuki bulan Ramadhan, sudah selayaknya kita harus mengetahui hukum-hukum puasa baik yang wajib maupun sunnah. Bila tidak tau bisa bertanya kepada yang telah tahu. Disarankan juga bagi para da’i untuk tidak bosan-bosanya menyampaikan hukum-hukum puasa sebelum memasuki Bulan Ramadhan.

Menyambut puasa dengan hura-hura

Menyambut puasa selayaknya dengan perasaan gembira, namun bukan dengan hura-hura. Bila menyambut dengan hura-hura, maka bisa jadi akan menggiring kita untuk semakin bertakwa; tapi sebaliknya, semakin terbuai seribu satu kemaksiatan.

Ibadah untuk Memperbaiki diri, bukan sekedar pamer

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa yang beribadah hanya untuk didengar orang, maka Allah pun akan memberi ganjaran dengan sekedar (ibadah itu) didengar orang. Barangsiapa yang beribadah untuk sekedar dilihat orang, demikian juga Allah akan memberinya ganjaran.” [1]

Tetap Bersemangat dan Jangan Bermalas-Malasan

Sebagian kaum Muslimin yang beranggapan bahwa bulan Ramadhan ini cocok dijadikan waktu untuk beristirahat, tidur-tiduran dan bermalas-malasan di siang hari, lalu begadang di malam hari. Hal ini kurang cocok, seharusnya kita tetap semangat dan jangan bermalas-malasan.

Hindarkan Diri dari Hal-Hal yang Dapar Membatalkan Pahala Puasa

Mungkin di antara mereka menghindari diri dari berbagai pembatal puasa; seperti makan, minum, berjima’ dan lain-lain. Tetapi mereka tak berusaha menghindari hal-hal yang dapat membatalkan pahala puasa; seperti bebas melihat wanita yang kurang menutup aurat, berkata tidak jujur, berkata yang kurang bermanfaat dan lain sebagainya.

Pulang Kampung boleh, Asal Tidak Salah Niat

Sebagaimana kebiasaan masyarakat Indonesia, Mudik seakan menjadi sesuatu yang wajib ketika bulan Ramadhan. Perlu diingat dan diniatkan untuk bersilaturrahmi dan bukan mencari rukhsoh (keringanan) untuk tidak berpuasa.

Banyak Makan ketika Berbuka

Berbuka puasa merupakan salah satu nikmat puasa selain berdzikir di masjid. Banyak makanan yang dihidangkan di meja makan ketika waktu buka puasa tiba. Namun sudah selayaknya kita tidak makan berlebih lebihan. Selalu kita ingat sabda Rasulullah SAW, “Makanlah ketika lapar dan sudahilah sebelum kenyang”.

Demikianlah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan puasa Ramadhan. Semoga dalam menjalankan puasa Ramadha kita diberikan rahmat, berkah serta maghfirah (ampunan) dari Allah SWT sehingga kelak kita bisa bertemu lagi di Syurganya. Amiiin…



[1] ) Dengan lafadz ini dikeluarkan oleh Muslim dari hadits Ibnu Abbas (2986). Juga dari hadits Jundub dengan lafadz yang berbeda (6123). Al-Bukhari juga meriwayatkannya dalam kitab: Ar-Raqaiq (6134).

 

Disusun dari berbagai sumber diedit oleh imta.com

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menjalankan Puasa Ramadhan

5204
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

%d bloggers like this: