Home > ilmu Psikologi > Definisi Pengertian Psikologi

Definisi Pengertian Psikologi

definisi pengertian psikologi umumDefinisi psikologi ini diringkas dari buku Psikologi Umum karya Abu Ahmadi dan Umar MA. Buku ini dipakai untuk mata pelajaran psikologi di Pondok Modern Darussalam gontor bagi kelas lima. Bahasanya mudah, singkat dan tak bertele-tele. Langsung saja, inilah definisi psikologi.

Psikologi berasal dari perkataan Yunani. Psyce = jiwa dan logos= ilmu pengetahuan. Secara etimologi (menurut bahasa) Psikologi artinya, “ilmu yang mempelajari tentang jiwa, baik mengenai macam-macam gejalanya, prosesnya, maupun latar belakangnya.”

Apa yang dimaksud dengan psikologi?

Edwin G. Boring dan Herbert S. Langfeld mengataka prikologi adalah studi tentang hakikat manusia.[1]

Garden Murphy, psikologi adalah ilmu yang mempelajari respon yang diberikan oleh makhluk hidup terhadap lingkunganya.[2]

Woodworth dan Marquis. Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari aktivitas individu dari sejak masih dalam kandungan sampai meninggal dunia dalam hubungan dengan alam sekitar.[3]

Abu Ahmadi dan Umar MA dalam bukunya Psikologi Umum, menyimpulkan bahwa psikologi adalah ilmu yang meneliti dan mempelajari tingkah laku manusia dalam hubungan dengan lingkunganya..


[1] Dr. Sarlito W.S, Pengantar Umum Psikologi, (Jakarta: Bulan Bintang, 1983) h.4

[2] Ibid. h. 5

[3] H.M Arifin, M. Ed, Pengantar Psikologi Umum, (Surabaya: Sinar Wijaya, 1986) h. 8

Definisi Pengertian Psikologi

5323
Categories: ilmu Psikologi Tags: , , ,
  1. No comments yet.
  1. January 31st, 2011 at 02:13 | #1
  2. February 1st, 2011 at 03:25 | #2

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image

%d bloggers like this: