Home > Filsafat Ilmu > Definisi Pengertian Teori Konflik

Definisi Pengertian Teori Konflik

Mengenal Teori Konflik


Menurut Ensiklopedi Encarta, Teori konflik adalah teori yang memandang bahwa perubahan sosial tidak terjadi melalui proses penyesuaian nilai-nilai yang membawa perubahan, tetapi terjadi akibat adanya konflik yang menghasilkan kompromi-kompromi yang berbeda dengan kondisi semula.

teori konflik dan cara menanganinya

konflik dunia

Teori ini didasarkan pada pemilikan sarana- sarana produksi sebagai unsur pokok pemisahan kelas dalam masyarakat. Teori konflik berasal dari Karl Marx dengan konsep economic made of production, yang menghasilkan kelas yang mengeksploitasi dan kelas yang tereskploitasi.

Masalah dalam Teori Konflik

 

Menurut Prof Dr I Gde Pitana dan Ir Putu G Gayatri dalam Sosiologi Pariwisata, masalah dalam teori konflik adalah “dominasi “ dan “sub ordinasi” menjadi pokok bahasan penting, karena berasumsi bahwa aturan, norma dan nilai yang harus dianut oleh masyarakat sesungguhnya merupakan nilai, norma atau aturan dari kelompok dominan yang memaksakannya kepada kelompok sub ordinat. Dengan pemaksaan nilai dan aturan tersebut, kelompok dominan mempertahankan struktur sosial yang menguntungkan kelompoknya

Teori konflik ini menolak anggapan bahwa masyarakat ada dalam situasi stabil dan tidak berubah. Sebaliknya masyarakat selalu dilihat dalam suatu kondisi tidak seimbang atau tidak adil dan keadilan atau keseimbangan dapat dicapai dengan penggunaan kekuatan revolusi terhadap kelompok-kelompok yang memegang kekuasaan.

3 asumsi dasar yang menjadi panduan teori-teori konflik yaitu:

  1. Setiap orang mempunyai kepentingan (interest) yang serin berbeda bahkan bertentangan dengan orang atau kelompok lain didalam suatu masyarakat.
  2. Sekelompok orang mempunyai kekuatan yang lebih dibandingkan kelompok-kelompok lainnya.
  3. Interest dan penggunaan kekuatan untuk mencapai interest tersebut dilegitimasi dengan system ide dan nilai-nilai yang disebut ideology.

Jadi masalah utama yang dibahas dalam teori konflik adalah power, order, interest dan dominasi serta hegemoni

 

Definisi Pengertian Teori Konflik

5473
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

%d bloggers like this: