Home > Resensi Buku > Buku Filsafat Sains dalam al-Qur’an

Buku Filsafat Sains dalam al-Qur’an

Mengkaji al-Qur’an prespektif Filsafat Sains

Judul               : Filsafat Sains Menurut al-Qur’an
Pengarang       : Dr. Mehdi Golshani
Penerbit           : Mizan
Tahun              : 2003
Kolasi              : 163 hlm. 23 cm

Judul asli dari buku ini adalah “The Holy Qur’an and the Sciences of Nature” yang kemudian diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia menjadi Buku Filsafat Sains Menurut al-Qur’an. Buku ini berasal dari kumpulan materi kuliah yang disampaikan oleh penulis yang notabonenya beliau adalah Guru besar Fisika Universitas Teknologi Syarif, Iran. Dari empat perkuliahan dalam kesempatan berbeda itu disatukan dalam buku ini yang kesemuanya membahas msalah yang sama yaitu al-Qur’an dan Ilmu-Ilmu Kealaman.

buku filsafat sains menurut al-Qur'an Dr Mehdi Golshani

buku filsafat sains menurut al-Qur’an Dr Mehdi Golshani

Seperti telah diketahui bersama bahwasanya Islam telah memiliki konsep yang utuh tentang langit, bumi dan apa yang ada diantara keduanya, termasuk konsep manusia, alam dan ilmu atau sains. Hanya saya interpretasi antara ulama satu dengan lainya kadang berbeda karena memang berbeda sudut pandang. Begitupua penulis dalam menanggapi masalah ini yang menurut Zainal Abidin Bagir menunjukkan kepolosanya dalam menyikapi persoalan ini yang menggambarkan orisinalitas.

Buku Filsafat Sains Menurut al-Qur’an ini terdiri dari empat bab. Bab pertama menguraikan tentang Sains dan ummat Islam, didalamnya dibahas bagaimana hubungan Islam dan ilmu pengetahuan, Konsepsi Islam tentang ilmu, kriteria ilmu yang berguna hingga kemunduran sains di dunia Islam.

Bab kedua menjabarkan titik pentingnya ilmu-ilmu kealaman menurut Islam, diantaranya membahas peran sains dalam mengenal Allah, peran sains dalam menjaga stabilitas dan pengembangan masyarakat Islam.

Bab ketiga mengungkap tentang dimensi keilmuan al-Qur’an, diantaranya membahas: al-Qur’an sebagai Sumber Pengetahuan Ilmiyah, al-Qur’an sebagai Kitab Petunjuk dan Pesan al-Qur’an bagi para ilmuan Muslim.

Bab terakhir berisi sangat banyak bahasan hingga memakan dua pertiga dari buku ini. Dalam bab ini penulis membahas beberapa masalah mendasar epistemologis dari pandangan al-Qur’an. Disini penulis merangsang para ilmuan Muslim agar memberikan lebih banyak waktu dan tenaga pada masalah yang amat penting ini.

Uraian yang jelas dan tidak dibuat-buat menjadikan pembaca nyaman dalam menelusuri setiap kata dan lembar buku ini. Setiap bahasan didasarkan pada al-Qur’an, sehingga disana-sini akan kita temukan banyak terdapat ayat-ayat al-Qur’an. Sayangnya, dalam buku ini tidak disertakan ilustrasi akan masalah yang dibahas dan juga menunjukkan serta menonjolkan pendapat beliau yang memang menandakan orisinalitas ide.

Buku Filsafat Sains Menurut al-Qur’an ini cocok dibaca oleh siapapun terlebih bagi mereka yang sedang belajar di tingkat sekolah menengah ataupun mahasiswa. Membaca buku ini serasa menyelami kembali makna Islam namun bukan hanya dari dalil yang tertulis, melainkan dalil alam semesta yang menunjukkan kebesaranya.

 

Buku Filsafat Sains dalam al-Qur'an

5.0327
  1. March 11th, 2012 at 02:47 | #1

    wah bagus, hanya ane belum baca bagaimana isinya, tapi gambarannya pasti filsafat mencari Tuhan dibenarkan sama AlQuran, kalau yang menyajikannya beriman atau kalau yang belum tahu AlQuran mampu menghubungkannya dgn AlQuran pasti ia beriman, tetapi bila berfaham sekuler, sainnya nggak nyambung sama AlQuran, maka yang menggunakan filsafat saja, atau berpola fikir sekuler, kalaupun mengaku Islam mengerjakan sholat nya no seribu buka nomor utama…………maaf cek bisa dibuktikan di UIN Jakarta…iNsya Allah buku tsb bisa ane baca kapan-kapan. Trim ks.

  1. No trackbacks yet.

%d bloggers like this: