Home > ilmu Psikologi, Pendidikan Islam > Hubungan Psikologi dengan ilmu lain

Hubungan Psikologi dengan ilmu lain

HUBUNGAN PSIKOLOGI DAN ILMU-ILMU LAIN

hubungan ilmu psikologi dengan ilmu lainHakikat ilmu sebenarnya dari satu sumber, kemudian untuk memperdalam bahasanya dibagilah ilmuilmu tersebut. Namun, pembagian itu tidak boleh dikatakan sebagai dikotomi antar ilmu pengetahuan. bahkan, untuk menguatkan dan mendukung serta menopang ilmu-ilmu untuk digunakan kepada kebaikan manusia.

berikut dijelaskan hubungan ilmu psikologi dengan ilmu-ilmu lain. saling lengkap-melengkapi dan sokong menyokong. Bukan sebaliknya, saling dikotomis dan menghancurkan. mari kita simak uraian hubungan ilmu psikologi dengan ilmu lainya berikut.

Hubungan psikologi dengan Fisiologi, Fisiologi (ilmu tentang tubuh manusia) dapat dihubungkan dengan ilmu psikologi untuk memperoleh kejelasan tentang bagaimana sebenarnya proses tingkah laku.

Hubungan Psikologi dengan ilmu sosiologi dan antropologi, kita dapat mengetahui pola-pola reaksi manusia, sehingga individu menjadi objek penyelidikan psikologi.

Hubungan Psikologi dengan Filsafat adalah ilmu yang mempelajari tentang hakikat segala sesuatu. Karena itu, filsafat juga mempelajari masalah-masalah hakikat jiwa, hakikat hidup, hubungan antara jiwa dan Tuhan sebagai pendiptanya dan lain sebagainya.

Hubungan Psikologi dengan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Persamaan metode, yaitu metode induktif. Penyelidikan psikologi sejalan dengan Metodologi Riset dalam periode hipotesis dan eksperimen, dimana kebenaran diperoleh melaluiproses pengajuan hipotesis yang dilanjutkan dengan pengujian melalui eksperimen-eksperimen.

Hubungan Psikologi dengan Ilmu-Ilmu Sosial.Salah satu kegunaan psikologi adalah untuk dapat mengadakan penyesuaian diri terhadap lingkungan, khususnya antar manusia. Karena itu, ilmu sosial lainya seperti sosiologi, ekonoi dan sebagainya memerlukan ilmu psikologi.

Hubungan Psikologi dengan Ilmu-Ilmu keguruan, Mendidik dan mengajar yang berhasil diantaranya harus menyesuaikan diri dengan keadaan jiwa anak, dan itu semua memerlukan psikologi.

Hubungan Psikologi dengan Biologi mempelajari benda-benda hidup, sedangkan psikologi mempelajari dan meneliti tingkah laku manusia (benda hidup) dalam hubunganya dengan lingkungan.

mungkin maasih banyak lagi selain yang disebutkan diatas, namun cukuplah beberapa saja diatas menjadi pokok pembahasan kali ini. penambahan pastinya ada yang belum disebutkan disini.

Hubungan Psikologi dengan ilmu lain

5324
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image