Home > Ensiklopedia > KALPATARU Lambang Pohon Kehidupan

KALPATARU Lambang Pohon Kehidupan

kalpataru pohon kehidupanKalpataru adalah jenis tumbuhan yang dapat hidup dalam keadaan minim sekalipun. Pada saat tanaman lain sudah mati kekeringan atau busuk karena tergenang air, ia tetap hidup tegak dan subur. Selain dapat melindungi tanah tempat hidupnya, ia juga dapat melindungi tanaman di sekelilingnya. Oleh karena itu, pohon Kalpataru dijadikan lambang kelestarian lingkungan.

Kalpataru tertulis pada relief candi Mendut, Jawa Tengah. Bagian relief ini melambangkan hutan, tanah, air dan makhluk hidup yang saling berkaitan membentuk kehidupan.

Dalam pewayangan, kalpataru dilambangkan dengan gunungan. Gunungan ini mempunyai gambar tanaman kalpataru dengan bunga teratai biru, putih dan merah. Dibawahnya dijaga dua orang manusia setengah burung.

Bagi para pejuang lingkungan yang berhasil, pemerintah memberikan anugerah kalpataru. Lambang ini terbuat dari pahatan perunggu berlapus emas 28 karat, seberat 30 gram, dan diletakkan di atas kayu sono keling. Anugerah ini diberikan setiap tahun sejak tahun 1980.

KALPATARU Lambang Pohon Kehidupan

5387
Categories: Ensiklopedia Tags: , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

%d bloggers like this: