Home > Resensi Buku > Konsep-Konsep Pendidikan para Tokoh Islam

Konsep-Konsep Pendidikan para Tokoh Islam

Ulasan Singkat Konsep-Konsep Pendidikan Menurut para Ulama’


Judul                    :  Pemikiran para tokoh pendidikan Islam, Kajian Filsafat Pendidikan Islam

Pengarang            :  Dr. H. Abuddin Nata, MA

Penerbit               :  PT Rajawali Grafindo Persada, 2003: Jakarta

Kolasi                  :  224 hlm; 21 cm

pemikiran para tokoh pendidikan Islam[imtaq.com] Berbicara tentang pendidikan memang tidak pernah menemui titik jemunya. Berbagai buku dan hasil penelitian terus bermunculan. Kali ini penulis mencoba untuk memberikan referensi sebuah buku yang berjudul Pemikiran para tokoh pendidikan Islam, buah karya Dr. H. Abuddin Nata, MA.

Beliau memperoleh gelar Sarjana Muda (BA) pada tahun 1979, dan Sarjana Lengkap (baca: Drs) pada Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syarif Hidayatullah Jakarta (sekarang bernama Universitas Islam Negeri Jakarta), dan tamat tahun 1981. Gelar Magister bidang Studi Islam diperolehnya tahun 1991, sedangkan gelar Doktor bidang Studi Islam diperoleh pada tahun 1997 masing-masing dari Fakultas Fascasarjana IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dengan disertasi berjudul Konsep Pendidikan Ibn Sina.

Buku ini terbagi dalam 13 bab yang kesemuanya menerangkan tentang konsep-konsep pendidikan, kecuali di bab pertama yang diisi dengan bab pendahuluan. Setiap bab memuat riwayat hidup ulama’ dan pemikir dalam bidang pendidikan kemudian disusul dengan uraian singkat mengenai konsep pendidikan yang diusung.

Konsep-konsep pendidikan yang dibahas dalam buku ini dapat disebutkan satu persatu menilik dari setiap bab yang ditulis, yaitu: (1) Pendahuluan, (2) Konsep Pendidikan Ibnu Miskawih, (3) Konsep Pendidikan Al-Qabisi, (4) Konsep Pendidikan Al-Mawardi, (5) Konsep Pendidikan Ibnu Sina, (6) Konsep Pendidikan Al-Ghazali, (7) Konsep Pendidikan Burhanuddin Az-Zarnuji, (8) Konsep Pendidikan Ibn Jama’ah, (9) Konsep Pendidikan Ibnu Taimiyah, (10) Konsep Pendidikan Abdullah Ahmad, (11) Konsep Pendidikan Ahmad Sanusi (12) Konsep Pendidikan Ikhwan Al-Muslimin, (13) Konsep Pendidikan K.H. Imam Zarkasyi.

Bahasa dalam buku ini mudah dimengerti sehingga mudah dipahami. Alur ulasan dan rangkaian paragraf tidak terkesan rumit. Hanya saja pembahasan pemikiran para tokoh pendidikan Islam yang dimaksud disini adalah tentang konsep-konsep pendidikan Islam menurut para ahli yang menonjol di bidangnya. Bidang yang diberikan stressing atau penekanan dalam buku ini adalah kajian filsafat pendidikan Islam.

Buku ini sangat bermanfaat dibaca oleh para dosen dan mahasiswa terutama mereka yang mengambil jurusan tarbiyah baik Pendidikan Agama Islam (PAI) maupun Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Selain itu, buku inipula dapat dijadikan referensi tugas perkuliahan, makalah hingga penulisan skripsi. Terakhir, semoga dengan membaca buku ini, pengetahuan kita akan bertambah, paling tidak kita mengetahui sesungguhnya para tokoh pendidikan Islam telah mengeluarkan ide dan gagasan serta konsep pendidikan Islam yang maksimal pada zamanya.

Konsep-Konsep Pendidikan para Tokoh Islam

5624
  1. emalia fadlia
    December 15th, 2012 at 15:51 | #1

    berpa harga buku tersebut plus ongkos kirm?? saya tinggal di daerah cileungsi

  2. Abdul Halim Wicaksono
    December 19th, 2012 at 05:25 | #2

    maaf, penulis tidak berjualan buku. Hanya mereview buku saja :D kalau beli di toko buku banyak ko’ makasih@emalia fadlia

  3. lukman
    June 1st, 2013 at 09:31 | #3

    mank ga bisa download yah…he he

  1. No trackbacks yet.

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image