Home > Ensiklopedia, Kuliah Islam > Menghadapi Tantangan Dakwah Islam Kontemporer

Menghadapi Tantangan Dakwah Islam Kontemporer

Tantangan Dakwah Umat Islam Masa Kini

dakwah Islam kontemporerPerkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin hari semakin pesat dan cepat. Akses pengetahuan, budaya dan nilai-nilai dari berbagai golongan, ras dan agama mudah ditemukan dan dipelajari. Tentunya hal ini berimplikasi positif kepada perkembangan dakwah Islam. Materi dakwah dapat diakses oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja asal terhubung dengan satelit komunikasi berupa telphone atau handphone dan internet.

Dengan perkembangan ini, agama Islam dapat dikenali dan diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat. Hal-hal seputar dakwah dan pertanyaan-pertanyaan hukum Islam dapat ditanyakan melalui telpon ataupun internet. Namun, disisi lain hal ini mengundang masalah baru yaitu peperangan informasi dan pemikiran. Banyak kita temukan beberapa situs-situs atau blog memberikan informasi kurang baik tentang Islam, memberikan pemahaman yang salah kepada pembacanya hingga tulisan yang secara gamblang menjelek-jelekkan Islam.

Hal diatas adalah sebagian dari tantangan dakwah Islam masa kini. Globalisasi dimana persebaran informasi tidak lagi terkontrol, akses tanpa batas terhadap berbagai sumber dan penyebaran isu serta berita yang terkadang tidak dikonfirmasi menjadi tantangan yang teramat besar.

Ada tiga tantangan dakwah yang dihadapi umat Islam di Indonesia saat ini, yaitu pemurtadan, gerakan sekularisasi, dan gerakan nativisasi. “Ketiga masalah ini sudah disampaikan Muhammad Natsir, beberapa tahun silam. Namun, hingga kini, tantangan itu masih ada,” ujar Adian Husaini, doktor bidang peradaban islam di International Institute of Islamic Thought and Civilization International Islamic University Malaysia (ISTAC-IIUM), dalam acara tasyakur dan orasi ilmiah di Jakarta. Hal ini seperti diungkap dalam harian Republika.

Pemurtadan telah dilakukan sekelompok orang-orang yang tidak senang terhadap kemajuan Islam dan mengajari umat Islam dengan sesuatu yang menyimpang. Telah banyak beredar berita-berita tentang pemurtadan baik di kota maupun desa, dari tingkat intelektual rendah hingga sedang. Gerakan ini umumnya dilakukan pada masyarakat yang ada pada garis kemiskinan.

Selanjutnya adalah gerakan sekularisasi yang dilakukan dengan pemahaman keagamaan yang seolah-olah dilaksanakan oleh sebuah gerakan keagamaan. Gerakan ini umumnya dilakukan melalui gerakan pemikiran. Dari pemahaman ini timbullah apa yang disebut berbagai kalangan ilmuan Islam sebagai gerakan sipilis, yaitu singkatan dari sekularisme, pluralisme dan liberalisme.

Selain dua masalah diatas, ada satu masalah lagi yang menjadi tantangan serius bagi dakwah Islam yaitu gerakan nativisasi. Kegiatan ini menitik beratkan pada penghapusan nilai-nilai etika dan moral serta spiritual dalam kehidupan sehari-hari. Mereka beranggapan bahwa etika, moral dan spiritual tak ada hubunganya dengan kehidupan dunia. Mereka ingin memisahkan nilai-nilai dari ummat Islam sebagaimana mereka memisahkan agama Kristen dengan kehidupan dunia.

Menyikapi beberapa tantangan dakwah diatas, sudah seyogyanya ummat Islam meresponya dengan cerdas dan bijaksana. Cerdas dalam artian dipikirkan terlebih dahulu, kembali mereview khazanah Islam dengan merujuk kepada al-Qur’an dan sunnah Nabi SAW, serta mengambil referensi dari para sahabat dan alim ulama’.

Selain tantangan diatas, Majalah eramuslim turut memberikan gambaran tantangan dakwah masa depan yang terdiri dari tiga unsur, yaitu: tantangan internal, tantangan sesama gerakan dakwah dan belum bersatunya para da’i dalam harokah.

Tantangan internal sebenarnya sudah menjadi lagu lama tapi kebiasaan ini terus berlanjut hingga kini. Tantangan tersebut diantaranya adalah kejumudan (kebekuan) dalam berfikir.

 

Menghadapi Tantangan Dakwah Islam Kontemporer

5376
  1. March 6th, 2013 at 23:10 | #1

    assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, meningkatkan iman dan taqwa di lingkungan sekitar lebih baik berjamaah. waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh

  1. April 19th, 2012 at 12:37 | #1

%d bloggers like this: