Home > ilmu Psikologi, Pendidikan Islam > OBJEK PSIKOLOGI

OBJEK PSIKOLOGI

pembagian psikologi menurut objeknyaApa saja objek pembahasan psikologi? Jika kita pelajari, Objek pembahasan psikologi adalah  jiwa. Lalu, apa definisi atau pengertian jiwa?Tak ada seorangpun yang dapat mengartikan jiwa. Ia adalah abstrak, tidak dapat dilihat, diraba, dicium dengan panca indra.

Ditinjau dari segi objeknya, Psikologi terbagi menjadi 3:

1.       Psikologi Metafisika (meta= dibalik, fisika= alam nyata)

Objeknya asal usul jiwa, wujud jiwa, akhir jadinya, sesuatu yang tidak berwujud nyata dan tidak puladiselidiki dengan ilmu biasa atau fisika.

2.       Psikologi Empiris (empiri= pengalaman)

Berdasarkan pengalaman. Semua peristiwa diamati, dikumpulkan dan dari hasil pengamatan nyata itu diambillah suatu kesimpulan atau ketentuan. Dalam hal ini, jiwa adalah bagaikan kertas putih yang dapat dilukis dengan adanya pengalaman-pengalaman.

Tokoh-tokohnya: Bacon dan John Locke

3.       Psikologi Behavioursme (behaviour= tingkah laku)

Menurut aliran ini, Psikologi adalah pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia.

Tokohnya: Mac Dougall

Prinsip para ahli psikologi paham ini (Behavioursme) adalah:

a.       Objek psikologi adalah behaviour, yaitu gerak lahir yang nyata, atau reaksi-reaksi manusia terhadap perangsangan-perangsangan tertentu.

b.       Unsur bahaviour adalah refleks, yaitu reaksi tak sadar atas perangsangan dari luar tubuh, maka psikologi ini dikenal dengan Psikologi behaviourisme.

OBJEK PSIKOLOGI

5205
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image