Home > Sains Populer > Penemu Listrik Pertama di Dunia

Penemu Listrik Pertama di Dunia

penemu listrik pertama di duniaImtaq.com – tahukah anda siapa penemu listrik pertama di Dunia. Banyak yang salah dan tidak tahu siapa orang dibalik penemuan listrik ini. Namun, dari telaah sejarah sains ternyata penemu listrik pertama di dunia Michael Faraday.

Bagaimana sih sejarah penemuan listrik itu ya? Mau tahu gini nih ceritanya. Setiap orang punya rasa ingin tahu, begitupula Michael Faraday. Faraday merupakan orang yang pertama kali merasa bahwa arus listrik bisa diciptakan dengan melewatkan magnet lewat kawat tembaga. Walaupun banyak ilmuwan yang memberikan sumbangan di dalam perihal kelistrikan, akan tetapi yang paling banyak berjasa dalam meneliti soal listrik dan juga magnet adalah Michael Faraday.

Sebenarnya dasar listrik telah ditemukan sebelum faraday yaitu Thales, beliau seorang ilmuwan yang berasal dari Yunani. Ia mengemukakan kejadian batu ambar yang apabila digesek-gesekkan akan bisa merengkuh bulu sebagai gejala listrik. Kalau percobaan di kelas biasanya penggaris digosokkan ke rambut masing-masing, nanti pengaris tersebut akan menarik kertas.

Selepas bertahun-tahun lamanya sejak ide Thales di kemukakan, lantas kemudian muncul kembali gagasan-gagasan juga filosofi-filosofi baru tentang listrik seperti yang dicermati dan dikemukakan oleh Joseph Priestley, Oersted, William Gilbert, Charles De Coulomb, Michael Faraday dan lain-lain.

Pada tahun 1821, sang penemu listrik telah menemukan penemuan pertama yang penting di bidang listrik. Dari temuan Oersted dua tahun sebelumnya, Faraday membuat kesimpulan bahwa jika magnet dikencangkan, yang bergulir justru kawatnya. Kejadian ini mengilhamiFaraday dan membuat ia berhasil menciptakan suatu rancangan yang jelas di mana kawat akan secara kontinu berotasi berdampingan dengan magnet sejauh arus listrik dialirkan ke kawat.

lambat laun, penemuan ini terus dikembangkan. Hingga kini, untuk menghidupkan lampu listrik hanya dibutuhkan satu sentuhan ke saklar lampu. Wow, mudah sekali bukan. Nah, demikian dulu ya, kapan-kapan kita sharing lagi tentang ilmu sains lainya. Tulisan ini diambil dari berbagai sumber, jadi terlihat agak amburadul dikit nggak apa-apa. He..he..he

Penemu Listrik Pertama di Dunia

5294
Categories: Sains Populer Tags: , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image