Home > Catatanku, Mahasiswa ISID > PPL Mahasiswa Fakultas Tarbiyah ISID Gontor Kampus Pusat Siman

PPL Mahasiswa Fakultas Tarbiyah ISID Gontor Kampus Pusat Siman

Imtaq.com – Pagi hari Jum’at tanggal 27 April 2012, Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Institut Studi Islam Darussalam Gontor Kampus Baru Siman (ISID Siman) mengadakan upacara pemberangkatan peserta PPL tahun ini. PPL (Praktek Pengayaan Lapangan) kali ini diikuti oleh seluruh mahasiswa fakultas Tarbiyah semester 6 dari Fakultas PAI (Pendidikan Agama Islam) berjumlah 12 orang dan PBA (Pendidikan Bahasa Arab) berjumlah 16 orang, totalnya 28 mahasiswa.

Sebelumnya, kami telah melaksanakan kegiatan micro teaching sebagai syarat mutlak mengikuti PPL serta untuk membantu kami dan sebagai simulasi mengajar dalam praktek mengajar di tempat tujuan nantinya. Kami terbagi menjadi empat kelompok dan setiap individu wajib membuat RPP untuk kepentingan micro teaching. Kelompok penulis sendiri bukan hanya membuat RPP, namun juga Prota, Promes dan Silabus, wow.. lumayan berat juga yah syarat ikut PPL.

Acara pemberangkatan peserta PPL ini dihadiri langsung oleh Dekan Fakultas Tarbiyah Ust. H. H. Akrim Mariyat, Dipl. A, Ed. Acara berlangsung lancar. Beliau berpesan kepada kami agar menerapkan segala yang telah didapatkan selama kuliah di ISID dalam PPL. Bahkan, PPL-nya Mahasiswa ISID bukan hanya praktek mengajar saja, namun juga membantu sekolah/ pondok tujuan dari segala sisi, seperti menjadi imam sholat fardhu, pembimbing berbagai klub-klub olahraga dan beragam kegiatan ekstrakurikuler, peningkatan bahasa dan lain sebagainya. Bila semuanya dikerjakan, berulah disebut PPL ISID Gontor kata beliau.

Tempat PPL mahasiswa ISID kali ini adalah MA Pondok pesantren al-Ishlah yang ada di SendangAgung, Paciran, Lamongan. Pondok al-Ishlah telah terkenal dengan santri-santrinya yang pintar pelajjaran eksakta dan pramukanya terbaik se-daerah Lamongan. Disanalah kami akan mencari celah dimana kami bisa mengukir sejarah, membimbing segala kegiatan yang perlu bimbingan dan arahan. Apalagi ditambah pesan dari dekan fakultas kami seakan mengatakan, “berilah sentuhan tangan midas-mu untuk kemajuan pondok al-Ishlah”.

Kami berangkat dari ISID Gontor Kampus Siman pada jam 09.00 setelah pembekalan dan upacara pemberangkatan. Menggunakan bus raly wisata kami berangkat dengan segenap hati disertai do’a semoga selamat sampai tujuan dan bisa berbuat sebanyak mungkin dalam PPL nanti.[Abdul Halim W]

Foto-Foto Pemberangkatan PPL ISID Gontor Kampus Siman

PPL Mahasiswa Fakultas Tarbiyah ISID Gontor Kampus Pusat Siman

5156
Categories: Catatanku, Mahasiswa ISID Tags: , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image