Home > Pendidikan Islam > Tinjauan Tentang Asas Pendidikan Seumur Hidup

Tinjauan Tentang Asas Pendidikan Seumur Hidup

Tinjauan Asas Pendidikan Seumur Hidup

 

tinjauan pendidikan seumur hidupAda beberapa tinjauan atau asas pikiran dan alasan mengenai pendidikan seumur hidup, diantaranya dikemukakan oleh Ananda W.P Guruge dalam karanganya berjudul “Toward Better Educational Management”, memberikan dasar-dasar pikiran sebagai berikut:

1. Tinjauan ideologi Pendidikan Seumur Hidup

Semua manusia dilahirkan secara sama dan mempunyai hak yang sama pula. Pendidikan seumur hidup memungkinkan tiap individu untuk mengembangkan potensi-potensinya sesuai dengan hidupnya.

2. Tinjauan ekonomi Pendidikan Seumur Hidup

Di negara berkembang, sebagina besar penduduk dalam keadaan butahuruf dan kurang pendidikan. Pendidikan seumur hidup memmungkinkan rakyat untuk:

  1. Meningkatkan produktivitasnya
  2. Memelihara serta mengembangkan sumber-sumber yang dimilikinya
  3. Memungkinkan mereka hidup dalam lingkungan yang lebih menyenangkan dan sehat
  4. Menguasai kebiasaan dan prinsip hidup pribadi dan lingkungan yang sehat
  5. Memiliki motivasi dalam mengasuh dan mendidik anak-anak secara tepat, sehingga peran pendidikan keluarga itu menjadi sangat penting.
  6. Tinjauan sosiologika

Banyak terjadi pemborosan dana pendidikan disebabkan kurangnya kesadaran tentang pentingnya pendidikan dan sistematikanya. Pendidikan seumur hidup merupakan sarana dan wadah utama untuk menyelesaikan permasalahan diatas.

3. Tinjauan politik Pendidikan Seumur Hidup

Pendidikan kewarganegaraan dalam era demokrasi menjadi sangat penting dan ini menjadi tugas pendidikan dalam rangka pendidikan seumur hidup.

4. Tinjauan teknologi dan kultural Pendidikan Seumur Hidup

Pelajaran yang terdapat di sekolah-sekolah kurang mampu mengejar pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Seluruh pendidik dan ahli-ahli disiplin ilmu pengetahuan harus selalu memperbaharui pengetahuan mereka. Pendidikan seumur hidup tampil sebagai media dalam mengejar ketertinggalan tersebut.

5. Tinjauan psikologi dan paedagogik Pendidikan Seumur Hidup

Pergeseran tugas sekolah formal saat ini lebih ditekankan pada mengajarkan bagaimana cara belajar, menanamkan motivasi yang kuat dalam diri anak didik untuk terus belajar seumur hidup,memberikan ketrampilan sehingga anak dapat menyesuaikan diri dengan masyarakat dimana ia berada. Hal tersebut dapat terlaksana bilamana didasarkan pada asas pendidikan seumur hidup.

Tinjauan Tentang Asas Pendidikan Seumur Hidup

5218
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image

%d bloggers like this: