Home > Mahasiswa ISID, Pondok Gontor > Tujuan Agenda Pekan Perkenalan khutbatu-l ‘Arsy di Pondok Gontor

Tujuan Agenda Pekan Perkenalan khutbatu-l ‘Arsy di Pondok Gontor

Sebuah Usaha Memahami Signifikansi Agenda Pekan Perkenalan khutbatu-l ‘Arsy di Pondok Gontor


khutbatul arsy - Pekan perkenalan di gontor -imtaq.com halimimageTema Apel Tahunan Pekan Perkenalan khutbatu-l ‘Arsy, Pondok Modern Darussalam Gontor, tahun 1432/2011 adalah, “Dari Gontor kita Bangun Peradaban Dunia Meraih Kejayaan Islam”. Melalui tema tersebut Pondok Gontor terus berupaya untuk memajukan segala lini pendidikan guna menghasilkan para kader-kader ummat menuju kejayaan Bangsa Indonesia, serta mewarnai dan bahkan membangun peradaban dunia.

Apel tahunan ini merupakan sunnah Pondok Modern Darussalam Gontor yang dilaksanakan setiap awal tahun ajaran. Agenda ini dinamakan Khutbatu-l ‘Arsy, atau Khutbah Perkenalan atau Khutbah Perpeloncoan. Dinamakan demikian karena menyimpuulkan/ menggambarkan segala sesuatu yang akan dihadapi dalam satu tahun yang akan datang.

Pokok isi Acara Pekan Perkenalan ini ada 3 yaitu: Perkenalan pondok (kedalam, keluar, meluas dan menyeluruh), Perpeloncoan dan Jangka-Jangka serta program-program.

Perkenalan maksudnya mengenalkan pondok dari segala sisi. Memberikan pengertian kembali bahwa para santri dan wali santri itu tamu yang datang ke Pondok Gontor. Tidak ada yang mengundang para santri dan wali santri, Gontor tidak pernah membuat iklan untuk masuk Gontor, yang ada hanyalah syarat-syarat masuk Pondok Gontor. Mengenalkan pula apa itu Pondok, Siapa yang punya, Amanat dari Siapa, Apa isinya, bagaimana pandangan politiknya, Hendak kemana Pondok berjalan/ mengantarkan para santri dan penghuninya, bagaimana cara hidup di dalam pondok, mengapa demikian, apa yang harus diambil, apa yang dicari dan lain sebagainya. Kesemuanya perlu diketahui supaya jangan salah alamat, salah pengertian.

Perpeloncoan di Pondok Gontor bukan dimaknai sebagai tindakan seenaknya santri senior kepada santri junior. Namun, Perpeloncoan di Pondok Gontor mencakup seluruh santri bahkan mahasiswa dan guru-guru. Dalam perpeloncoan diadakan berbagai kegiatan untuk mengenalkan pondok, seperti: mengadakan PORSENI (Pekan Olahraga dan Seni) yang terdiri dari berbagai lomba diantaranya: Volly, Badminton, Tenis Meja, Takraw, Basket, Three on Three, Sepak bola, Joget Tomat, Lari Estafet, Gigit uang, Jalan diatas batu, Tarik Tambang, Pukul Air, Balap Karung dan Lomba Senam. Selain porseni, diadakan juga acara Demonstrasi Bahasa, Lomba Poetry Reading (Membaca Pantun), Lomba Vocal Group atau lebih dikelan volksong, Sidasa Band (Penampilan Band dari Mahasiswa ISID), Latihan dan Lomba Kerapian Baris Berbaris (LKBB) antar Rayon dan Konsulat, serta Lomba Cerdas Cermat.

abdul halim imtaq on khutbatu-l arsy pondok modern darussalam gontor

 

Kesemuanya dilaksanakan agar para santri, mahasiswa dan guru bisa beradaptasi dengan situasi di Pondok beserta kegiatan-kegiatanya dan juga untuk meningkatkan ukhuah Islamiyah antar santri. Itulah yang dinamakan perpeloncoan di Pondok.

Sedangkan pemaparan jangka-jangka dan program-program diutarakan dalam Pidato Pimpinan Pondok setelah acara apel tahunan. Bukan hanya jangka dan program yang diterangkan, tapi juga tentang pondok, sintesanya, visi-misi, bagaimana standar santri, mahasiswa dan guru beserta program-program pondok ke depanya.

Inilah Pekan Perkenalan khutbatu-l ‘Arsy, Pondok Modern Darussalam Gontor, Kampung Damai, dimana segala kegiatan berlangsung secara dinamis, untuk membentuk para pemimpin yang tangguh dan mencetak ulama yang intelek, bukan intelek yang tahu agama.[IMTAQ.com]

 

Tujuan Agenda Pekan Perkenalan khutbatu-l ‘Arsy di Pondok Gontor

5287
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image